Minggu, 14 Agustus 2011

kumpulan teka-teki logika beserta jawaban + alasan#2

1.Pertanyaan:
Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut?
-Jawaban:
17
-Alasan:
7 anak laki + 1 ayah (anak laki-laki dari kakek) + 1 ibu = (2x7)+(1x2)+1 = 17

2.Pertanyaan:
Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?
-Jawaban:
18 hari
-Penjelasan:
Sangat disayangkan, Anda tidak dapat memendekkan proses penetasan telur dengan menambah jumlah ayam. Tentu saja, 30 ayam betina tersebut juga akan membutuhkan waktu 18 hari untuk menetaskan teluar mereka.

3.Pertanyaan:
Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?
-Jawaban:
Mulailah kedua jam secara bersamaan. Ketika gelas yang 4 menit selesai, balik. Ketika gelas yang 7 menit selesai, balik. Semenit kemudian, gelas yang 4 menit selesai; 8 menit akan berlalu dan akan ada waktu 6 menit untuk pasir di bagian atas gelas yang 7 menit dan 1 menit untuk pasir yang ada di dasar, lalu baliklah gelas yang 7 menit, dan semenit kemudian waktu 9 menit akan tercapai.

4.Pertanyaan:
Pada waktu mencari air, seekor katak terjatuh ke dalam dasar sumur dengan kedalaman 30 meter. Pada waktu siang, katak tersebut berhasil memanjat naik 5 meter, namun pada malam hari katak tersebut merosot turun 4 meter. Begitu terus setiap harinya. Pada hari ke berapa katak tersebut dapat keluar dari dalam sumur tersebut?
Jawaban:
27 hari
Alasan:
saat hari ke 26 pada malam hari si katak sampai di ketinggian 26 meter, dan pada hari ke 27 siang hari mencapai ketinggian 31 meter (bisa keluar) tanpa harus merosot lagi pada malam hari

5.Pertanyaan:
A ingin pergi dengan mobil dari kota P ke kota Q dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ternyata, setengah perjalanan pertama ditempuh A dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Berapa kecepatan rata-rata yang harus dicapai A saat dia menempuh setengah perjalanan sisanya sehingga pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?
Jawaban:
Mustahil
Alasan:
Analogi. Misal jarak kota P dan Q adalah 600KM, bila A ingin sampai dengan rata2 kecepatan 60 KM berarti akan menempuh waktu 10 jam. Tapi ternyata di setengah perjalanan (300 KM) si A menempuh dengan kecepatan 30 KM/jam. berarti untuk setengah perjalanan telah menghabiskan waktu 10 jam.

6.Pertanyaan:
A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P?
-Jawaban:
sama-sama dekat
-Penjelasan
Jika A dan B bertemu, berarti A dan B memiliki jarak yang sama dengan kota P

7.Pertanyaan:
Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
-Jawaban:
Satu menit
-Penjelasan:
Rebus saja sekaligus.

8.Pertanyaan:
Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?
-Asumsi:
Waktu setiap dentangan sangat kecil jika dibandingkan waktu jeda antardentangan, sehingga waktu setiap dentangan ini dapat diabaikan.
-Jawaban:
7,5 detik
-Penjelasan:
Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang 3 kali selama 3 detik. 3 kali berdentang berarti terdapat 2 buah jeda antardentangan (jeda antara dentangan pertama dan kedua, dan jeda antara dentangan kedua dan ketiga). Artinya, jeda antardentangan ini adalah 1,5 detik. Jika kurang jelas, perhatikanlah ilustrasi berikut.

TENG —— (1,5 detik) —— TENG —— (1,5 detik) —— TENG

Jadi, pada jam 6, terdapat 5 jeda antardentangan. Sehingga waktu yang dibutuhkan adalah 5 x 1,5 detik = 7,5 detik.

1 komentar:

  1. yg no 1. 7anak laki” + 2ortu = 9
    masing” memiliki 1saudara perempuan. logikanya adalah,sebenarnya 7anak laki” tersebut hanya punya 1saudara perempuan.
    jadi 9 + 1 = 10 orang

    klo kurang jelas,misal:
    anak perempuan bernama: tia
    anak laki” bernama: andi,anton,rudi,dika,dimas,rangga,joko,
    nah,berarti masing” punya 1 saudara perempuan yaitu ‘tia’

    coba anda cari soal serupa. jawaban berbeda dari cara yg anda jelaskan pada no 1

    BalasHapus